Myself

Myself

Kamis, 25 April 2013

MIEDAL alias Tinutuan alias Bubur Manado makanan komplit khas Minahasa




LEZAT dan rasa pengen nambah, mungkin itu kata-kata yang muncul dipikiran kita kalo ingat sama makanan yang satu ini. MIEDAL atau yang lebih dikenal dengan Tinutuan atau Bubur Manado ini kerap kali menjadi tujuan wisata Kuliner para pengunjung yang datang ke Manado, karena selain Murah, menu yang satu ini juga mudah dibuat karena bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Nah, buat kalian yang mungkin sulit menemui penjual Tinutuan di tempat anda, bisa kok membuatnya sendiri:

Pertama-tama siapkan bahan-bahannya:
1. Sayuran (Kangkung, Gedi, Bayam)
2. Bawang putih untuk menumis sayuran
3. Mie
4. Minyak goreng
5. Daun Kemangi

Untuk buburnya:
1. Beras (tidak terlalu banyak karena hanya untuk mengentalkan)
2. Labu kuning (lebih bagus kalo labu yang ukurannya kecil, karena biasanya Labu yang kecil itu rasanya lebih manis, dan warnanya orange), mungkin akan lebih banyak dijumpai di pasar tradisional
3. Ubi Kayu (pilihlah yang kualitasnya baik agar lebih enak dan lembut)
4. Jagung Manis Muda
5. Daun Kunyit
6. Batang Sereh

Pelengkap:
1. Dabu-dabu Roa (terbuat dari campuran Cabe Rawit, Tomat (digoreng dahulu), dan Ikan Roa (ditumbuk halus bersama dengan Cabe dan Tomat))
2. Tahu Goreng
3. Kerupuk
4. Perkedel Milu atau boleh juga Perkedel Nike
5. Bawang Goreng

Cara pembuatan:
Pertama-tama buat panaskan wajan, masukkan ubi, labu dan air lalu direbus bersama, setelah hampir mendidih, tambahkan beras dan jagung yang sudah diparut dari tongkolnya. Jangan lupa masukkan daun kunyit dan batang sereh lalu tambahkan sedikit garam. Setelah mendidih, ubi dan labunya sudah mulai hancur, angkat dan sisihkan.
Kemudian panaskan wajan untuk menumis sayurannya. Panaskan minyak dan masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus, setelah bawang putih mulai kecoklatan, masukkan sayur-sayur yang sudah di iris halus atau sesuai selera. Tumis sayur sampai agak sedikit layu, lalu tambahkan sedikit air. Setelah itu, masukkan bubur yang sudah dimasak tadi, aduk hingga rata dan tunggu sampai mendidih lalu tambahkan penyedap rasa dan jangan lupa masukkan daun kemangi . Angkat dan sajikan di piring yang sudah ditaruh mie terlebih dahulu (mie diukur sesuai keinginan). Setelah miedal disajikan, bubuhkan bawang goreng diatasnya dan dimakan bersama tahu, kerupuk, perkedel atau apa saja yang anda inginkan..
SELAMAT MENCOBA RESEP SEDERHANA SAYA

1 komentar: